iklan

Memupuk Kerja Sama dalam kegiatan Perkemahan

Perkemahan MI Tarbiyatul Athfal
Awan Mendung - MI Tarbiyatul Athfal - Perkemahan merupakan salah satu macam kegiatan kepramukaan yang dilaksanakan secara out door. berkemah juga melatih hidup bermasyarakat di alam terbuka dengan menggunakan kemah atau tenda sebagai tempat bernaung dari panas, dingin, hujan, dsb. Melalui kegiatan tersebut anak dilatih untuk bisa hidup mandiri, melatih kerjasama dan kedisiplinan. Hal itu lah yang coba dilakukan oleh salah satu sekolah yang ada dilingkungan kota Tangerang Selatan, yaitu MI Tarbiyatul Athfal.

Kegiatan Perkemahan yang diadakan di Curug Ciherang daerah gunung bunder pada hari jumat dan sabtu, (19-20/10) berjalan begitu khidmat dan penuh riang gembira, meskipun kegiatan sempat tertunda akibat hujan deras yang turun pada hari itu.

kegiatan sholat jamaah pada kegiatan perkemahan MI Tarbiyatul Athfal
Kegiatan dimulai pada hari jumat (19/10) ditandai dengan pelepasan siswa/i oleh Kepala Madrasah MI Tarbiyat Athfal Sopian Hadi, S.Pd, yang kemudian seluruh siswa berangkat menuju lokasi dan sampai tepat pada pukul 13.00 waktu setempat. Sesampainya dilokasi seluruh siswa lekas bergegas untuk menyiapkan dan membereskan perlengkapan masing-masing. Setelah itu dengan kelompoknya masing-masing mereka mendirikan tendanya masing-masing.

Kegiatan yang memang bertujuan untuk melatih kerjasama dan disiplin itu terlihat betul ketika siswa/i mendirikan tenda secara bersama-sama. Jiwa kebersamaan dan saling membantu satu sama lain nampak betul selam proses pendirian tenda.

games melawati jaring penghalan dalam kegiatan Perkemahan MI Tarbiyatul Athfal
Bukan hanya dalam kegiatan mendirikan tenda saja kerjasama nampak, tetapi permainan yang dikemas dalam kegiatan ini pun melatih hal demikian. Permainan melewati jaring sangat menguras tenaga mereka, betapa tidak, mereka harus bisa melewati jaring tersebut yang lumayan tinggi sehingga mereka harus bekerjasama mengangkat teman mereka agar berhasil lolos dalam jaring tersebut. Permainan yang tidak kalah serunya adalah merayap, banyak kejadian lucu dan seru selama kegiatan permainan berlangsung. mulai dari siswa yang bertubuh gemuk yang kesulitan melewati jaring, hingga anak yang terpeleset karena terlalu semangat. 


Selama kegiatan berlangsung, berdoa dan beribadah tidak pernah terlewat, kegiatan sholat jamaah dan mengaji pun menjadi agenda yang wajib dilaksanakan, karena setinggi, sesulit dan sesempit apapun waktu kita, Ibadah kepada Yang Maha Kuasa dalah yang utama.


Semua itu mereka jalani dengan riang gembira, dengan penuh semangat dan tanpa lelah. Rangkaian kegiatan tersebut memiliki tujuan yaitu menbentuk karakter yang tangguh, mandiri, peduli dan sikap saling menolong sejak dini. Semua itu dikemas dalam satu kegiatan yang disebut PERKEMAHAN MI TARBIYATUL ATHFAL



Post a Comment

1 Comments