iklan

RPP BAHASA INDONESIA SMK K13 REVISI 2018

Suatu proses yang baik adalah yang direncanakan, begitu pula dalam proses pembelajaran. Dalam proses pembelajaran perlu adanya perencanaan yang matang agar proses pembelajaran dapat sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai. Rencana pembelajaran dalam kelas atau yang biasa disebut RPP adalah perangkat yang berisi prosedur dan pengorganisasian pembelajaran untuk mencapai satu atau beberapa kompetensi dasar. Lingkup Rencana Pelaksanaan Pembelajaran mencakup satu atau beberapa kompetensi dasar yang terdiri dari satu atau beberapa indikator untuk 1 (satu) kali pertemuan atau lebih. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran sekurang-kurangnya memuat tujuan pembelajaran, Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar, Indikator Pencapaian Kompetensi, materi ajar, metode pengajaran, sumber belajar,langkah-langkah pembelajaran dan penilaian hasil belajar.

Selama Proses pembelajaran Rencana Pelaksanaan Pembelajaran/ RPP menjadi acuan dasar dalam proses pembelajaran agar tujuan pembelajaran dapat tercapai sesuai dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran/ RPP.

Selain Rencana pelaksanaan pembelajaran/RPP ada banyak dokumen lain yang dibutuhkan oleh guru guna menunjang proses pembelajaran antara lain : 

1. Silabus,
Selain Rencana pelaksaan pembelajaran/RPP, Silabus juga merupakan suatu yang penting dimiliki oleh guru. Silabus merupakan suatu rincian detail tentang rencana mengajar pendidik yang disusun dalam kelompok tema atau mata pelajaran tertentu, Komponen dari silabus antara lain Kompetensi Inti/Standar Kompetensi (KI/SK), Kompetensi Dasar (KD), Indikator untuk Kompetensi, materi pembelajaran, waktu, Penilaian, dan Sumber Belajar yang digunakan. Manfaat yang dapat dihasilkan dalam pembuatan suatu silabus adalah :
  • Bermanfaat sebagai hal yang utama yang menjadi sumber acuan dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
  • Pendidik lebih mudah memetakan ragam variasi pembelajaran yang akan dituangkan ke dalam RPP.
  • Pendidik lebih mudah dalam memetakan indicator-indikator pencapaian belajar yang harus dicapai oleh siswa.
  • Pendidik lebih mudah dalam merancang bentuk-bentuk penilaian dari setiap indikator yang ingin dicapai
2. Program Tahunan
Program tahunan yaitu sebuah perencanaan untuk menetapkan waktu dalam satu tahun untuk mencapai tujuan (SK dan KD) yang telah ditetapkan.Penetapan alokasi waktu diperlukan agar seluruh kompetensi dasar yang ada didalam sebuah kurikulum seluruhnya dapat dicapai oleh peserta didik.

3. Program Semester
Prosem pengajaran yang harus dicapai selama satu semester atau 6 bulan, selama periode ini diharapkan para siswa menguasai pengetahuan, sikap dan keterampilan sebagai satu kesatuan utuh
4. Jurnal Harian.
Jurnal harian adalah buku catatan harian pendidik, jurnal harian sangat diperlukan bagi para pendidik untuk menjadi panduan mengajar dimana para pendidik dapat mengevaluasi dirinya apakah materi yang diberikan mudah dipahami dan apakah tercapai atau apa yang menjadi kekurangan, apakah pada pertemuan berikut materi hari ini bisa diberikan lagi.
5. KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal)
Kriteria Ketuntasan Minimal adalah Kriteria yang paling rendah untuk menyatakan peserta didik mencapai ketuntasan. Pendidik dalam menetapkan KKM harus mempertimbangkan tiga aspek kriteria, yaitu kompleksitas, daya dukung, dan intake peserta didik.
6. Pemetaan
Pemetaan KI KD sangat berguna untuk mencapai target pembelajaran
Itulah beberapa dokumen yang harus dimiliki oleh guru. Berikut ini link download dokumen tersebut, mulai dari rencana pelaksaan pembelajaran sampai pemetaan KI, KD.

Post a Comment

0 Comments