iklan

RPP BAHASA INDONESIA K13 REVISI 2017

Berikut ini adalah contoh rpp Bahasa Indonesia k13 revisi 2017, semoga rpp Bahasa Indonesia k13 revisi 2017 ini dapat bermanfaat dan membantu para rekan guru sekalian.

download rpp bahasa indonesia k13 revisi 2017

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Sekolah                                                  :  MA Nur As-sholihat
Mata Pelajaran                                      : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester                                      : X / Ganjil
Materi Pokok                                         :  Isi pokok laporan hasil observasi
Alokasi Waktu                                       :  2Minggu x 4 Jam pelajaran @ 45 Menit

A.      Kompetensi Inti
·         KI-1 dan KI-2:Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), bertanggung jawab, responsif, dan pro-aktif dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, kawasan regional, dan kawasan internasional”.
·   KI 3: Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
·     KI4: Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan

Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar
3.1 Mengidentifikasi teks laporan hasil observasi yang dipresentasikan dengan lisan dan tulis.

Indikator Pencapaian Kompetensi
3.1.1.      Mendefinisikan tentang isi pokok laporan hasil observasi: pernyataan umum; hal yang dilaporkan; deskripsi bagian; deskripsi manfaat; dan maksud isi teks (tersirat dan tersurat).
3.1.2.       Mengidentifikasikan tentang pokok laporan hasil observasi: pernyataan umum; hal yang dilaporkan; deskripsi bagian; deskripsi manfaat; dan maksud isi teks (tersirat dan tersurat).

A.      Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:
1.       Mengidentifikasi teks laporan hasil observasi yang dipresentasikan dengan lisan dan tulis.
2.       Menginterpretasi isi teks laporan hasil observasi berdasarkan interpretasi baik secara lisan maupun tulis.

B.      Materi pembelajaran
Isi pokok laporan hasil observasi:
·       pernyataan umum;
·       hal yang dilaporkan;
·       deskripsi bagian;
·       deskripsi manfaat; dan
·       maksud isi teks (tersirat dan tersurat).

Fakta           : Observasi
Konsep        : Laporan hasil observasi
Prinsip         :  Hasil observasi
Prosedur     : Isi pokok laporan hasil observasi

C.      Metode Pembelajaran
Pendekatan                          : Scientific Learning
Model Pembelajaran         : Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan) dan Problem 
                                                   Based Learning (Pembelajaran Berbasis Masalah )/ projek

D.      Media/alat, Bahan
Media :
Ø Worksheet atau lembar kerja (siswa)
Ø lembar penilaian
Ø Cetak: buku, modul, brosur, leaflet, dan gambar.
Ø Manusia dalam lingkungan: guru, pustakawan, laboran, dan penutur nativ.

Alat/Bahan :
Ø Penggaris, spidol, papan tulis
Ø Laptop & infocus
Ø Audio: kaset dan CD.
Ø Audio-cetak: kaset atau CD audio yang dilengkapi dengan teks.
Ø Proyeksi visual diam: OUT dan film bingkai.
Ø Proyeksi audio visual: film dan bingkai (slide) bersuara.
Ø Audio visual gerak: VCD, DVD, dan W.
Ø Visual gerak: film bisu.
Ø Objek fisik: Benda nyata, model, dan spesimen.
Ø Komputer.

E.      Sumber Belajar
Ø Buku penunjang kurikulum 2013 mata pelajaran Bahasa Indonesia, Kelas X, Kemendikbud, tahun 2016
Ø Pengalaman peserta didik dan guru
Ø e-dukasi.net

F.       Kegiatan Pembelajaran

untuk lanjutan contoh rpp di atas langsung saja anda download dengan mengklik tautan berikut ini

Post a Comment

0 Comments