download rpp bahasa indonesia k13 revisi 2017
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : MA Nur As-sholihat
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : X / Ganjil
Materi Pokok : Isi pokok laporan hasil observasi
Alokasi Waktu : 2Minggu x 4 Jam pelajaran @ 45
Menit
A.
Kompetensi Inti
·
KI-1 dan KI-2:Menghayati
dan mengamalkan
ajaran agama yang dianutnya.Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), bertanggung jawab, responsif, dan pro-aktif dalam
berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan,
keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara,
kawasan regional, dan kawasan internasional”.
· KI 3: Memahami,
menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta
menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
· KI4: Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak
secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah
keilmuan
- Kompetensi Dasar
3.1 Mengidentifikasi teks laporan hasil observasi
yang dipresentasikan dengan lisan dan tulis.
- Indikator Pencapaian
Kompetensi
3.1.1. Mendefinisikan tentang isi pokok laporan
hasil observasi: pernyataan umum; hal yang dilaporkan; deskripsi bagian;
deskripsi manfaat; dan maksud isi teks (tersirat dan tersurat).
3.1.2. Mengidentifikasikan tentang pokok laporan
hasil observasi: pernyataan umum; hal yang dilaporkan; deskripsi bagian;
deskripsi manfaat; dan maksud isi teks (tersirat dan tersurat).
A.
Tujuan
Pembelajaran
Setelah
mengikuti proses pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:
1.
Mengidentifikasi
teks laporan hasil observasi yang dipresentasikan dengan lisan dan tulis.
2.
Menginterpretasi
isi teks laporan hasil observasi berdasarkan interpretasi baik secara lisan
maupun tulis.
B.
Materi
pembelajaran
Isi pokok laporan hasil observasi:
·
pernyataan umum;
·
hal yang dilaporkan;
·
deskripsi bagian;
·
deskripsi manfaat; dan
·
maksud isi teks (tersirat dan tersurat).
Fakta :
Observasi
Konsep :
Laporan
hasil observasi
Prinsip : Hasil observasi
Prosedur : Isi pokok laporan hasil observasi
C.
Metode
Pembelajaran
Pendekatan : Scientific
Learning
Model
Pembelajaran : Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan) dan
Problem
Based
Learning (Pembelajaran Berbasis Masalah )/ projek
D.
Media/alat,
Bahan
Media :
Ø Worksheet atau lembar kerja (siswa)
Ø lembar penilaian
Ø Cetak: buku, modul,
brosur, leaflet, dan gambar.
Ø Manusia dalam lingkungan:
guru, pustakawan, laboran, dan penutur nativ.
Alat/Bahan :
Ø Penggaris, spidol, papan tulis
Ø Laptop & infocus
Ø Audio: kaset dan CD.
Ø Audio-cetak: kaset atau
CD audio yang dilengkapi dengan teks.
Ø Proyeksi visual diam: OUT
dan film bingkai.
Ø Proyeksi audio visual:
film dan bingkai (slide) bersuara.
Ø Audio visual gerak: VCD,
DVD, dan W.
Ø Visual gerak: film bisu.
Ø Objek fisik: Benda nyata,
model, dan spesimen.
Ø Komputer.
E.
Sumber Belajar
Ø Buku penunjang kurikulum 2013 mata pelajaran Bahasa Indonesia, Kelas X, Kemendikbud, tahun 2016
Ø Pengalaman peserta didik dan guru
Ø e-dukasi.net
F.
Kegiatan
Pembelajaran
untuk lanjutan contoh rpp di atas langsung saja anda download dengan mengklik tautan berikut ini
0 Comments